- Metode-metode pendidikan anak (Montessori, Fitrah Based Education (FBE), Reggio Emilia Aproach (REA), STPPA, Waldorf, dll)
- Ide-ide bermain bersama anak tematik (sains, sex education, visuospasial, dll)
- Contoh rencana kegiatan bersama anak
- Contoh postingan kegiatan bermain bersama anak di sosial media
- Hadiah review dan rekomendasi tentang aplikasi Chai’s Play
- Hadiah printable guideline ramadhan for kids
- Hadiah materi “ Membangun kedekatan orangtua dan anak melalui permainan”
- Hadiah video materi tentang pengalaman membersamai anak di rumah,khususnya untuk mengenalkan tentang emosi.
Yg kemudian saya
klasifikasikan berdasarkan tema dan sub temanya :
Tema Merencanakan
kegiatan anak :
Subtema : Metode-metode
pendidikan anak, ide bermain tematik (hasil share teman-teman di grup dan
hadiah printable dari teman saat berkelana di hutan, contoh rencana kegiatan
bersama anak, ide bermain anak dalam aplikasi Chai’s Play,
Tema Dokumentasi
kegiatan anak
Subtema :
Mendapat contoh postingan kegiatan di sosial media dan mempraktekkan sendiri
rutin posting kegiatan anak di instagram
Dan saya
pisahkan antara makanan utaman dan camilan :
Makanan utama : Metode-metode
pendidikan anak, ide bermain bersama anak tematik, contoh rencana kegiatan
bersama anak, contoh postingan kegiatan bermain bersama anak di sosial media
Camilan : review
dan rekomendasi tentang aplikasi Chai’s Play, printable guideline ramadhan for
kids, materi “ Membangun kedekatan orangtua dan anak melalui permainan”, video
materi tentang pengalaman membersamai anak di rumah,khususnya untuk mengenalkan
tentang emosi.
Dan terakhir,
saya berrefleksi dengan bertanya pada diri sendiri :
Apakah makanan
yang kudapatkan sudah sesuai dengan kebutuhan makanan yang ada di petaku?
Makanan yg saya
dapat 50% sesuai dengan kebutuhan makanan dalam mind map. Karena ternyata saya
belum bisa fokus belajar bisnis dan optimasi web-blog-seo, jadilah saya menepi.
Saya maksimalkan mencari ilmu dalam bermain bersama anak.
Mana yang lebih
banyak kudapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan, makanan utama atau
cemilan? Mengapa?
Yg saya dapatkan
berimbang antara makanan utama dan camilan. Secara kuantitas makanan iutama dan
camilan hampir sama banyaknya dan secara kualita keduanya sama-sama menarik dan
belum pernah saya dapat dan pelajari sebelumnya.
Apa yang
membuatku bahagia belajar di hutan pengetahuan? Mengapa?
Alhamdulillah
saya bahagia. Karena banyak teman-teman yg saling berbagi ide bermain bersama
anak baik pengalaman pribadi maupun dari sumber lain yg bisa menjadi inspirasi
saya dalam berkegiatan bersama anak.
Apa strategi
belajar yang kurasakan berhasil selama di hutan pengetahuan?
Sejujurnya saya
sangat kesulitan menyimak materi yg berbentuk audio ataupun audio visual. Saya
lebih suka belajar dengan membaca materi, berdiskusi ataupun menyimak diskusi.
Jadi strategi belajar saya yg efektif adalah dengan saya berdiskusi dengan
saudara saya yg juga sedang sama-sama belajar di kelas bunda cekatan ini dan
menyimak diskusi yg ada di grup. Selain itu karena dengan bergabung di 2 grup
keluarga tidak efektif, maka saya fokus di satu keluarga saja.
Apa yang harus
kutingkatkan lagi?
Konsisten. Saya
merasa harus konsisten mengaplikasikan ilmu yg saya dapat. Karena jika tidak
akan sia-sia dan tidak bermanfaat. Jadi untuk ke depannya saya akan konsisten
membersamai anak dengan berbagai kegiatan yg bermanfaat untuk pengembangan diri
saya sendiri, untuk tumbuh kembang anak saya dan dengan saya dokumentasikan di
media sosial saya semoga bisa bermanfaat untuk orang lain.
Semoga semuanya
lancar dan dengan proses belajar ini saya menjadi lebih baik.
#janganlupabahagia
#jurnalminggu7
#materi7
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar