Minggu ini peserta Bunda Cekatan sudah boleh berpindah keluarga. Saya pun ikut pindah tapi saya tidak meninggalkan keluarga lama saya (keluarga WeBS) karena saya pikir masih banyak ilmu yang harus saya pelajari disana. Sesuai dengan mind map saya maka saya menambah keluarga yaitu keluarga Bermain Bersama Anak yg ternyata bernama keluarga Temanda (Teman Ananda).
Keluarga Temanda (Teman Ananda)
Keluarga ini berisi 120 anggota keluarga. Diskusi dalam keluarga ini benar-benar membuat saya manggut-manggut. Selama ini dalam membersamai anak saya memang sudah membuat berbagai mainan edukatif, tetapi hanya sembarang menggunakan bahan yg ada, sesuai ide yg tiba-tiba muncul saja. Tapi ternyata semua ada ilmunya. Saya menjadi tahu mengapa orang tua perlu bermain bersama anak, yaitu untuk membangun bonding dengan anak, menanamkan value keluarga, mendukung tumbuh kembang anak dan membangun emosi positif anak. Anak akan menjadi bahagia.
Beberapa metode/tahapan tumbuh kembang anak yg baru saya ketahui istilah-istilahnya di sini, antara lain :
1. Montessori
Montessori adalah suatu metode pendidikan anak berdasarkan teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori yg merupakan seorang pendidik dari Italia. Metode Montessori ini diterapkan pada anak usia pra-sekolah dan sekolah dasar. Seiring perkembangannya, kemudian juga dikenal dengan metode Islamic Montessori, yaitu montessori yg juga menanamkan nilai-nilai islam di dalamnya. Ada 6 area stimulasi bertahap dalam islamic montessori, yaitu islamic studies, kehidupan sehari-hari, sensori, bahasa, matematika dan alam semesta.
2. Fitrah Based Education (FBE)
Fitrah Based Education adalah pendidikan berdasarkan fitrah seorang anak sehingga potensi dan bakat anak dapat dikembangkan karena pada dasarnya setiap anak memiliki bakat yang berbeda. Framework Fitrah Based Education sesuai tahapan usia. Dalam FBE ini ada 8 fitrah yg dibangkitkan, yaitu : fitrah keimanan, fitrah perkembangan, fitrah belajar dan nalar, fitrah bakat, fitrah seksualitas, fitrah estetika dan bahasa, fitrah individualitas dan sosialitas serta fitrah jasmani
3. Reggio Emilia Approach (REA)
REA adalah salah satu metode pendidikan anak yang memberikan banyak pendekatan yang berpusat pada anak, pendekatan saintific dan budaya setempat. REA dengan memberikan banyak research atau proyek berdasarkan minat anak atau ide anak. Karena REA menganut kurilkulum emergent, dimana kurikulum yg dibentuk berdasarkan ide dan minat yg muncul dalam diri anak. Kurikulum emergent ini terjadi secara spontan atau alamiah dari interaksi antara fasilitator, anak ataupun orangtua. Dari interaksi tersebut tercetuslah sebuah proyek, karena dari proyek itulah akan menfasilitasi rasa keingintahuan anak yang begitu besar dan dari sana juga anak akan mendapatkan pengalaman belajar dengan dirinya.
4. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
Sesuai Permendikbud RI no.137 tahun 2014 STPPA diturunkan dalam bentuk kompetensi dasar sebagai dasar membuat perencanaan belajar harian/mingguan/bulanan. Ada 10 tema pembelajaran sesuai kurikulum kemendikbud, yaitu diri sendiri, lingkunganku, kebutuhanku, binatang, tanaman, rekreasi, pekerjaan, air/udara/api, tanah air dan alam semesta.
#janganlupabahagia
#jurnalminggu4
#materi4
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Wallpaper Unicorn Galaxy
Wallpaper Unicorn Galaxy Wallpaper Unicorn Galaxy is for Unicorn’s lovers. So many cute, awsome and amazing wallpapers you can use, and ...
-
Sudah masuk hari pertama game level 10 dengan tema "membangun karakter anak melalui dongeng". Sangat menantang bagi saya karena ju...
-
Jurnal minggu pertama di kelas telur Bunda Cekatan ini adalah menggali kekuatan diri. Di sini saya menuliskan kuadran aktivitas sesuai denga...
-
Hari Minggu, seperti biasa agenda setiap hari Minggu adalah ke rumah Uti. Karena Uti libur bekerja maka setiap hari Minggu kami ke rumah Uti...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar